Siapa
yang tidak tahu Blackberry di Indonesia ini? Handset smartphone yang
satu ini sangat terkenal sekali di negara kita tercinta ini, khususnya
aplikasi chat mereka yaitu BlackBerry Messenger yang penggunaannya
sudah menjadi wabah dan life style tersendiri di Indonesia. Meskipun
Blackberry sangat terkenal di Indonesia ini, tapi tidak sedikit
pengguna Blackberry yang tidak mengetahui apa itu RIM (Research In
Motion). Padahal Blackberry sendiri adalah produk dari RIM, yang
notabene sudah masuk Indonesia di kisaran tahun 2004, berarti sudah
mendekati 10 tahun di Indonesia. Tetapi baru pada tanggal 9 november
2010 kemarin RIM selaku produsen BlackBerry membuka kantor resminya di
Jakarta, Indonesia yang bernama PT. BlackBerry INDONESIA.
RIM
saat ini telah merencanakan pembukaan 36 pusat layanan pelanggan resmi
BlackBerry sampai akhir 2010. Produk BlackBerry di Indonesia juga
mulai saat ini mendapat jaminan garansi selama 24 bulan. TAM telah
memiliki tiga mitra distributor lokal yakni PT. BlackBerry INDONESIA,
PT Comtech Cellular, dan PT Selular Media Infotama. Ketiganya bekerja
sama dengan Brightpoint. BlackBerry juga didistribusikan melalui
sejumlah operator seluler di Indonesia.
Berkenaan dengan didirikannya PT. BlackBerry INDONESIA, Gregory Wade (Managing Director RIM) mengatakan:
Pendirian PT RIM adalah sebuah milestone bagi perusahaan kami sekaligus merupakan bukti konkret komitmen investasi jangka panjang yang kami lakukan di Indonesia. Terima kasih untuk semua dukungan dan persetujuan dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) atas berdirinya PT RIM. Kami sangat bersemangat untuk membuka kantor kami dan menumbuhkembangkan tim di Indonesia.
Pendirian PT RIM adalah sebuah milestone bagi perusahaan kami sekaligus merupakan bukti konkret komitmen investasi jangka panjang yang kami lakukan di Indonesia. Terima kasih untuk semua dukungan dan persetujuan dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) atas berdirinya PT RIM. Kami sangat bersemangat untuk membuka kantor kami dan menumbuhkembangkan tim di Indonesia.
Memang
jika dibandingkan dengan jumlah total populasi di Indonesia, total
pengguna BlackBerry masih sangatlah kecil, walaupun begitu si
BlackBerry memiliki peningkatan yang luar biasa dari tahun ke tahun
bahkan dari bulan ke bulan. Di negara kita Indonesia ini, para
operator telco sangat berperan penting dalam menjadikan BlackBerry
sebagai “Smartphone BRAND that everybody wants”. Di mulai dari si
Indosat yang memiliki tagline yang sangat berpengaruh untuk BlackBerry
di Indonesia yaitu “always on, always connected lifestyle”. Dan kalau
kita ingat lagi, Blackberry di Indonesia pernah meraih peningkatan
pelanggan sampai dengan 750% di tahun 2013